Deteksi Dini Kanker Otak

Deteksi Dini Kanker Otak dan Tipe Stadiumnya

Posted on

Kanker otak merupakan akibat dari pertumbuhan sel yang tidak normal pada jaringan otak. Kanker otak dapat berkembang dari sel-sel utama penyusun otak, sel yang berasal dari komponen lain penyusun otak seperti membran dan pembuluh darah, ataupun berasal dari sel kanker yang tumbuh di bagian organ yang lain, yang kemudian menyebar melalui aliran darah. Yang terakhir, disebut sebagai kanker otak metastatik.

Meski sel yang tumbuh abnormal pada otak seringkali disebut sebagai tumor otak, tidak semua tumor bersifat kanker. Kanker otak adalah istilah yang ditujukan untuk tumor otak yang bersifat ganas. Dan pada kesempatan kali ini kita akan coba bahas lebih detail lagi mengenai Deteksi Dini Kanker Otak dan Tipe Stadiumnya.

Tumor ganas pada otak tumbuh dan berkembang dengan cepat, menyerang sel yag sehat dengan cara mengambil tempat tumbuh, suplai darah dan nutrisi sel yang sehat. Seperti sel tubuh yang lainnya, sel tumor membutuhkan suplai darah dan nutrisi untuk tetap bertahan.

Ini menjadi masalah utama pada kanker otak, dimana keberadaan otak dibatasi oleh tengkorak, sehingga jika terjadi pertumbuhan sel abnormal menyebabkan peningkatan tekanan di dalam otak dan penyimpangan struktur vital di sekitar daerah yang ditumbuhi sel kanker, sehingga bagian tersebut kehilangan fungsinya.

Apabila tumor pada otak tidak bersifat ganas, sehingga menyebabkan kanker otak, maka tumor tersebut merupakan tumor jinak. Tumor jinak tidak tumbuh dengan cepat. Hampir semua tumor yang tumbuh di otak tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain. perbedaan utama antara tumor ganas dan tumor jinak adalah pada kemampuan tumor ganas untuk menyerang jaringan otak dan pertumbuhannya yang cepat.

Pertumbuhannya yang sangat cepat di dalam tengkorak akan menyebabkan kerusakan pada area terdekat jaringan otak. Secara umum, tumor jinak tidak lebih berbahaya daripada tumor ganas. Meskipun tumor jinak juga masih memiliki potensi meninbulkan masalah pada otak.

Otak tersusun atas berbagai jenis sel yang berbeda. Tumor yang tumbuh dari sel-sel itu disebut sebagai tumor otak primer. Kanker otak terjadi apabila sejenis sel bertransformasi dan kehilangan karakteristik normalnya. Sekali mengalami transformasi, sel tersebut akan tumbuh dan menggandakan dirinya dengan cara yang tidak normal.

Seiring berjalannya waktu, sel yang tumbuh tidak normal tersebut menjadi semakin banyak dan disebut sebagai tumor. Tumor otak primer yang biasa tumbuh pada penderita kanker otak antara lain Gliomas, Meningiomas, Pituitary Adenomas, Vestibular Schwannomas, CNS Lymphomas Primer dan Medulloblastomas. Penamaan tumor tersebut disesuaikan dengan tempat dimana sel tumor tersebut tumbuh.

Tumor otak yang selanjutnya dapat berpotensi menjadi kanker otak memiliki kecepatan pertumbuhan yang berbeda. Pertumbuhan sel yang cepat biasanya menunjukkan bentuk abnormal ketika diamati menggunakan mikroskop. The National Cancer Institute (NCI) mengelompokkan tumor otak menjadi beberapa stadium berikut :

  • Stadium 1. Tumor yang tumbuh bersifat jinak. Bentuk sel hampirĀ  menyerupai sel otak yang normal. Pertumbuhan sel ini lambat.
  • Stadium 2. Tumor ganas yang ditunjukkan dengan bentuk sel yang mulai tidak normal, tetapi masih menyerupai sel otak yang sehat.
  • Stadium 3. Jaringan tumor ganas memiliki bentuk sel yang berbeda dari sel normal. Sel abnormal ini tumbuh dengan aktif. Sel ini disebut anaplastic.
  • Stadium 4. Kondisi dimana jaringan ganas memilki bentuk paling tidak normal dan tumbuh dengan sangat cepat.

Selain kanker otak yang diawali dengan tumbuhnya tumor di jaringan utama otak, kanker otak juga dapat disebabkan oleh tumor metastatik. Tumor metastatik menyebar bersama aliran darah dari jaringan tubuh manapun. Sebagian besar, kanker otak metastatik ini berasal dari kanker paru-paru, payudara, ginjal dan kenker kulit. Proses metastatik ini terjadi ketika sel kanker terlepas dari jaringan kanker primer dan memasuki sistem kelenjar getah bening dan selanjutnya ikut berpindah bersama dengan aliran darah.

Tumor otak metastatik yang mengawali berkembangnya kanker otak merupakan tipe kanker yang paling banyak ditemui daripada tumor otak primer. Aliran darah pada otak biasanya menentukan dimana sel kanker akan bertempat. Sekitar 85% sel kanker berada pada bagian cerebrum, yaitu bagian otak paling besar yang berada pada rongga tengkorak bagian atas. Tidak jarang pula, tumor metastatik ini tumbuh di lebih dari satu bagian jaringan otak.

Demikianlah tadi ulasan kita pada kesempatan kali ini mengenai Deteksi Dini Kanker Otak dan Tipe Stadiumnya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita mengenai kanker otak. Salam sehat selalu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *