Macam-macam Penyakit dalam Darah

Macam-macam Penyakit dalam Darah

Posted on

Macam-macam Penyakit dalam Darah – Di dalam organ tubuh darah terdapat nutrisi, protein, vitamin, zat gizi, zat mineral dan unsur-unsur penting lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seorang manusia. Selain itu darah juga memiliki fungsi sebagai pelindung kita.

Yang dimaksud dengan hal di atas adalah bahwa dengan adanya darah yang terdapat di dalam tubuh kita, kita akan dapat terhindar dari segala macam penyakit. Dengan adanya darah di dalam otak kita juga bisa membuat kita berpikir dengan baik serta optimal.

Organ tubuh lainnya yang berhubungan sangat dekat dengan darah adalah jantung. Jantunglah yang bertugas untuk memompa darah yang diambil dari paru paru. Untuk kemudian diedarkan ke seluruh bagian yang ada di dalam tubuh kita melalui pembuluh-pembuluh darah.

Jika organ tubuh jantung kita terus berada dalam posisi yang normal, maka darah yang ada di dalam tubuh kita akan beredar dengan baik pula. Tetapi adakalanya terjadi hal kebalikannya. Beberapa dari kita peredaran darahnya terganggu sehingga menyebabkan mereka menderita kelainan darah.

Kelainan darah yang diderita oleh seseorang bisa membuat mereka terkena berbagai Macam Penyakit Darah. Ada banyak penyakit darah, seperti Hipertensi, Anemia, Leukemia, Varises, Hipotensi, Hemofilia. Semuanya akan diulas di bawah ini!.

Hipertensi

Hipertensi atau yang dalam kehidupan kita sehari-hari seringkali dikenal dengan darah tinggi ini saah satu penyakit yang paling sering menimpa manusia. Hal ini terjadi disebabkan karena tingginya tekanan darah yang beredar di dalam tubuh kita, di atas porsi yang sesungguhnya. Pemicunya adalah karena seringnya mengkonsumsi makanan yang berlemak, minum minuman yang mengandung alkohol, merokok serta bisa juga karena faktor bawaan dari lahir. Jika seseorang menderita hipertensi maka dia akan sering sakit kepala, emosinya sering tidak terkontrol dan gampang sekali lelah.

Anemia

Penyakit anemia merupakan penyakit dimana darah yang mengalir di dalam tubuh seseorang sangatlah kurang jumlahnya. Penyebabnya bisa karena faktor gen, sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat serta kurangnya asupan zat besi. Penderita anemia akan selalu merasakan kelelahan, sering merasa lemas dan konsentrasinya berkurang.

Leukemia

Leukemia atau kanker darah merupakan penyakit darah yang paling berbahaya. Sel-sel darah putih kita diserang oleh sel kanker. Dampak buruknya adalah leukosit yang ada di dalam tubuh kita tumbuh dengan tidak sempurna. Beberapa hal yang menjadi pemicunya adalah terlalu seringnya mengkonsumsi minuman yang beralkohol, merokok, terpapar zat kimia yang berbahaya, dan karena keturunan. Penderita leukemia ditandai dengan seringnya keluar darah dari dalam hidungnya. Kondisi badannya seringkali merasakan capek, sering sakit panas dan berat badannya akan turun sangat banyak.

Varises

Varises merupakan kelainan yang terjadi pada pembuluh vena yang ada di dalam tubuh kita, dan hal ini dapat menyebabkan gangguan pada peredaran darah. Penyebabnya karena posisi berdiri kita yang tidak sebentar, adanya tumor, karena seseorang sedang hamil atau bisa juga karena gen. Seseorang yang menderita varises akan sering merasa pegal dan merasakan ketidaknyamanan pada bagian tungkai kakinya.

Hipotensi

Penyakit hipotensi atau sering kita sebut sebagai penyakit darah rendah adalah penyakit dimana seseorang mengalami keadaan kekurangan darah. Darah yang beredar di dalam tubuhnya porsinya berada di bawah batas yang ada. Penyebabnya bisa karena kurangnya zat gizi, diare yang berkepanjangan, sering mengalami pendarahan.

Hemofilia

Seseorang yang menderita penyakit hemofilia darahnya akan susah sekali membeku. Jika penderita hemophilia ini mengalami suatu kecelakaan yang menyebabkan adanya luka, dari lukanya cenderung akan keluar darah yang begitu banyak, meskipun lukanya hanyalah luka yang kecil.

Demikianlah tadi ulasan kita pada kesempatan kali ini mengenai aneka Macam Penyakit Darah yang perlu anda waspadai. Semoga saja ulasan diatas menjadi referensi informasi yang bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *